Khasiat Jahe

khasiat-kunyit-putihKhasiat Jahe – Jahe sangat populer baik di kawasan Asia maupun Eropa, kebanyakan dibuat sebagai jamu dan juga penyedap masakan. Ketika jahe baru diambil dari dalam tanah, ia memiliki aroma yang tajam dan rasa yang berapi-api. Ketika kering dan sudah dijadikan bubuk, dapat ditambahkan sebagai bumbu manis, ramuan serbaguna ini juga digunakan dalam minuman, salad dan makanan penutup.

Selain sebagai penyedap makanan kandungan jahe mempunyai manfaat kesehatan sehingga jahe dipercaya baik oleh kalangan tradisional maupun kalangan medis moderen.

Keluarga jahe, atau Zingiberaceae, mengandung sekitar 52 genera dan lebih dari 1.300 spesies. Tumbuhan ini biasanya tumbuh di daerah lembab dari daerah tropis dan subtropis. Bagian dari keluarga ini Zingiber officinale salah satu sepupunya yang juga andalan dapur adalah  kunyit dan lengkuas yang juga bisa digunakan sebagai berbagai obat penyakit.

Jahe telah dianggap sebagai obat-semua jenis penyakit, sejak lebih dari 5000 tahun lalu oleh orang-orang China dan India. Kemudian, sejak saat itu jahe mulai diekspor ke Roma dan digunakan untuk memasak dan pengobatan.

Meskipun jahe telah hadir dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun, ilmu pengetahuan modern telah mengeksplorasinya sehingga ada banyak studi yang dilakukan di seluruh dunia untuk mengetahuii kegunaan lebih lanjut dari jahe, terutama mengenai khasiat jahe untuk kesehatan

  1. Khasiat Jahe Memiliki beberapa sifat terapeutik

Jahe, obat herbal populer kuno, mendapat perhatian yang signifikan dari masyarakat medis dan ilmiah mengenai. Kandungan jahe seperti 6-Gingerol, komponen farmakologi aktif utama jahe, telah dipamerkan dalam studi biologid sehingga ditemukan jahe sebagai anti-kanker, anti-inflamasi, dan anti-oksidasi

  1. Khasiat jahe meningkatkan metabolisme

Antioksidan yang tingga pada jahe mampu menjaga kekebalan tubuh sehingga metabolisme tubuh juga akan menjadi lebih baik. Beberapa penelitian yang dilakukan di berbagai negara juga menunjukkan hal yang sama. Jahe berkhasiat meningkatkan metabolisme.

  1. Khasiat jahe sebagai antibiotik

Jahe memiliki antibiotik alami. Departemen Ilmu pengetahuan alam di Universitas Buea di Afrika menyelidiki efek antibakteri ekstrak jahe pada empat patogen saluran pernapasan, dan menemukan hal positif. Hal ini menunjukkan bahwa jahe memang mengandung senyawa dengan aktivitas terapeutik

Sementara itu, penelitianlain  yang dilakukan di Tai Solarin, sebuah  Universitas Pendidikan di Nigeria menunjukkan efek komparatif jahe dengan beberapa antibiotik (kloramfenikol, ampisilin dan tetrasiklin) terhadap Staphylococcus aureus dan Streptococcus pyogenes.

Hal ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol dari jahe memiliki aktivitas antibakteri yang tertinggi dan dapat digunakan bersamaan dengan antibiotik konvensional untuk melawan infeksi.

  1. Khasiat jahe merah untuk mengobati diare

Setelah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit pencernaan di Cina dan India, para ilmuwan Taiwan mengidentifikasinya secara ilmiah dalam beberapa tahun terakhir dan menemukan senyawa bioaktif jahe memang mampu mengobati diare

  1. Khasiat jahe untuk meredakan muntah dan mual

Ada uji klinis yang menunjukkan jahe sangat mujarab dalam mengobati mual akibat berbagai hal seperti habis berkendarah jauh dan kemoterapi

Dalam perbandingan acak yang dilakukan oleh Departemen Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit Thammasat di Thailand, jahe telah terbukti efektif sebagai dimenhydrinate (antiemetik over-the-counter) dalam pengobatan mual dan muntah dalam kehamilan, dan bahkan memiliki efek samping sangat sedikit.

Selain itu, review dari Cochrane Database of Systematic, sumber daya terkemuka untuk ulasan dalam perawatan kesehatan, juga menyimpulkan bahwa jahe memiliki efek positif untuk mengobati mual akibat kehamilan.

  1. Khasiat jahe putih mampu meredakan gejala yang disebabkan oleh arthritis dan osteoarthritis

Sebuah studi yang dilakukan di Miami Veterans Affairs Medical Center dan University of Miami menyimpulkan bahwa ekstrak jahe sangat efektif dalam mengurangi gejala osteoartritis lutut.

Penelitian ini juga menunjukkan efek samping jahe sangat ringan. Dalam penelitian lain, sifat anti-inflamasi jahe juga menunjukkan efektifitas yang tinggi dalam mengobati rheumatoid arthritis bila dikonsumsi setiap hari.

  1. Khasiat jahe mampu mengurangi rasa sakit dan peradangan

Selama bertahun-tahun, jahe telah digunakan sebagai jamu tradisional di Ayurvedic, budaya Cina dan Tibb-Unani untuk pengobatan berbagai penyakit yang melibatkan peradangan.

Sekarang penelitian modern telah memvalidasi senyawa gingerol dan shogaols, yakni senyawa bioaktif utama Zingiber officinale dalam jahe memang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Satu studi di India menyimpulkan bahwa 6-shogaol dan 10-gingerol telah terbukti menjadi senyawa yang paling ampuh, membenarkan penggunaan jahe kering sebagai obat radang.

  1. Khasiat jahe emprit dapat mengurangi nyeri otot

Para peneliti di University of Georgia telah menemukan bahwa konsumsi harian jahe memungkinkan dapat mengurangi nyeri otot yang disebabkan oleh latihan atau cedera ringan.

Patrick O’Connor, seorang profesor di College of Departemen Pendidikan untuk Kinesiology, menyatakan bahwa rasa sakit yang disebabkan oleh latihan eksentrik bisa diredam dengan konsumsi harian jahe secara rutin.

  1. Khasiat jahe untuk melawan sel kanker

Jahe adalah obat yang berumur ribuan tahun, namun para peneliti sedang menyelidiki penggunaan jahe yang sangat mungkin dapat digunakan untuk mengobati kanker ovarium.

Penelitian ini dilakukan hanya pada tahap awal, tetapi penelitian laboratorium menunjukkan bahwa jahe menyebabkan sel-sel kanker ovarium mati, menghentikan mereka untuk tumbuh, dan mencegah mereka sel kanker menjadi resisten terhadap pengobatan.

Kesimpulannya jahe sangat efektif dalam mencegaj janjer dan membantu proses pengobatannya.

  1. Khasiat jahe untuk pencernaan

Jahe membantu pencernaan atau dispepsia fungsional dengan mempercepat pengosongan lambung dan merangsang motilitas. Dengan hal ini daat disimpulkan setelah dilakukan penelitian double-blind acak di Chang Gung University, Taiwan.  Peneltian ini menggunakan kapsul jahe pada dua puluh empat relawan sehat dan hasilnya sangat positif.

  1. Khasiat jahe mengobati maag kronis

Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe memiliki anti-ulkus dan anti-Helicobacter plyori (bakteri yang biasa terlibat dalam ulkus) kapasitas. Ia memiliki sifat antioksidan kuat yang melindungi lipid dari tengik dan kerusakan DNA.

Jahe juga mengandung proteolitik sebuah enzim beberapa ratus kali lebih kuat daripada yang ditemukan dalam pepaya atau papain.

Enzim ini, merupakan penghadang atau blocker asam menonaktifkan, sehingga mampu mengurangi risiko infeksi dalam perut. Ia juga memiliki spektrum antibakteri yang luas, antivirus dan sifat antiparasit.

  1. Khasiat Jahe dapat mengurangi nyeri saat haid

Ibuprofen dan asam mefenamat adalah oabt umum wanita modern yang sedang mengalami dismenore. Sebuah studi telah menunjukkan, jahe sama efektifnya dengan dua obat tersebut dalam mengurangi nyeri haid.

Dalam uji klinis, beberapa peserta mengambil 250 mg kapsul dari rimpang jahe bubuk empat kali sehari selama tiga hari dari awal periode menstruasi mereka, sementara yang lain menerima 250 mg asam mefenamat atau 400 mg kapsul ibuprofen pada protokol yang sama.

Pada akhir pengobatan, semua peserta dinyatakan terbantu dengan mengkonsumsi jahe.

  1. Khasiat Jahe bisa menurunkan kadar gula darah

Sebuah studi oleh para peneliti dari Universitas Teheran of Medical Services, Iran, sedang menjajaki kemungkinan peran jahe dalam mengurangi risiko beberapa komplikasi kronis diabetes.

Peneltiian ini telah mengamati bahwa jahe memiliki sifat anti-diabetes, hipolipidemik dan anti-antioksidan.

Berdasarkan penelitian, suplemen jahe bubuk tampaknya dapat meningkatkan darah, hemoglobin A1c, apolipoprotein B, apolipoprotein A-aku, apolipoprotein B / apolipoprotein A-I dan malondialdehid pada pasien diabetes tipe 2.

Efek samping juga tidak ada sehingga membuat jahe obat yang baik untuk penderita diabetes mampu mengurangi risiko beberapa komplikasi kronis sekunder.

  1. Khasiat Jahe mencegah penyakit hati

Salah satu penyakit hati yang paling umum adalah non-alkohol penyakit hati berlemak atau NAFLD. Hal ini terjadi ketika ada akumulasi kelebihan lemak di hati orang-orang yang minum sedikit atau tidak ada alkohol.

Ketika akumulasi lemak berhubungan dengan peradangan sel hati dan derajat yang berbeda dari jaringan parut, maka itu menjadi steatohepatitis non-alkohol atau NASH.

NASH adalah kondisi yang berpotensi serius yang dapat berkembang menjadi sirosis, yang pada akhirnya mungkin memerlukan transplantasi hati.

Prevalensi NAFLD saat ini kemungkinan akan mencapai proporsi epidemi. Hal ini cenderung untuk pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas atau menderita diabetes.

Dan karena resistensi insulin adalah fitur umum pada mereka yang terkena dampak NAFLD dan NASH, studi pendahuluan telah menemukan bahwa sensitivitas insulin dapat ditingkatkan dengan menggunakan jahe, penelitian lebih lanjut telah dilakukan oleh Dr. Amirhossein Sahebkar dari Iran tentang kemanjuran potensi jahe sebagai suplemen alami untuk NAFLD.

  1. Khasiat Jahe bisa menurunkan kolesterol darah

Jahe juga efektif dalam menurunkan kolesterol dan kadar lipid lainnya. Sebuah studi di 2 klinik jantung di Iran telah menguji pasien menggunakan jahe bubuk dibandingkan dengan plasebo penggunaan jahe jauh lebih efektif.

  1. Khasiat Jahe meningkatkan fungsi kognitif otak

Jahe juga penambah kognitif potensial otak Karena peran stres oksidatif yang disebabkan gangguan kognitif, sebuah penelitian di Thailand telah mengevaluasi efek dari ekstrak jahe pada fungsi kognitif wanita sehat setengah baya.

Peserta secara acak ditugaskan untuk menerima dosis harian plasebo atau jahe selama dua bulan. Mereka dinilai untuk memori dan fungsi kognitif bekerja menggunakan tes baterai komputerisasi.

Setelah periode pengujian, kelompok yang mengkonsumsi jahe terbukti lebih  meningkat kepintaran atau kognitifnya.

  1. Khasiat Jahe bisa mencegah penyakit Alzheimer

Saat ini, tidak ada obat  untuk penyakit Alzheimer. Namun, para peneliti di College of Public Hygiene dari Guangxi Medical University di Guangxi, Cina, telah melakukan penelitian berjudul “efek pelindung dari ekstrak akar jahe pada penyakit yang disebabkan Alzheimer disfungsi perilaku pada tikus.”

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah jahe bisa mencegah efek perilaku Alzheimer menggunakan model tikus. Tim ini menemukan fakta yang menunjukkan bahwa pemberian ekstrak jahe tidak hanya mencegah gejala tetapi juga membalikkan disfungsi perilaku (31).

  1. Khasiat Jahe bisa melindungi tubuh dari racun otak

MSG, siapa pun? Kontroversi menyelubungi penggunaan MSG atau monosodium glutamat sebagai penambah rasa makan. Meskipun diklasifikasikan oleh FDA sebagai bahan makanan yang “umumnya diakui sebagai aman,” ada banyak laporan anekdotal reaksi negatif terhadap makanan yang mengandung MSG

Satu studi ilmiah di Arab Saudi telah mempresentasikan data yang menunjukkan bahwa jahe memiliki peran saraf terhadap toksisitas (mengurangi dampak) MSG.

  1. Khasiat Jahe melindungi terhadap keracunan radiasi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pretreatment tikus dengan ekstrak rimpang jahe mampu mengurangi penyakit akibat radiasi. Bahkan mengurangi resiko kematian.

Mengkonsumsi jahe bisa dengan banyak cara mulai dari mengkonsumsi kampsul ekstrak jahe, dibuat jamu atau dibuat wedang. Khasiat wedang jahe juga tidak berbeda jauh dengan mengkonsumsi ekstrak atau dalam bentuk jamu.

 

Khasiat Jahe | admin | 4.5
error: Content is protected !!